foto itu

foto itu menjadi penyemangatku ketika aku malas belajar,

foto itu ‘menampar’ku ketika aku menganggap betapa tidak adilnya keadaan,

foto itu membuatku terpacu untuk menjadi kebanggaan,

foto itu menemaniku setiap aku kesepian,

foto itu memberiku senyuman ketika aku sedih,

foto itu memberiku cahaya ketika jalanku mulai gelap,

walaupun terkadang ketika aku memandang foto itu,rindu sekali rasanya,hingga terkadang aku menangis,

tapi foto itu menjadi pengingatku,bila aku melakukan hal BODOH,senyum tulus di foto itu akan berubah selamanya…

foto itu adalah foto kedua ORANG TUA ku 🙂

my smile maked

(ingat ini kawan,ingat kedua orang tua kalian,beliau menunggu kalian di rumah,beliau menceritakan kalian dengan bangga,beliau tak kalah rindunya dengan kalian,maka ingatlah mereka selalu,agar kalian tak melakukan hal BODOH yang membuat senyum beliau menjadi tangis air mata)

My Last Fullday

Ting..ting..tung…ting..!!!

‘Jam ke-10 akan segera dimulai,it’s time to begin,the tenth lessons’. 😮

Setidaknya ketika kami (hampir seluruh siswa SMA 1) mendengar suara ‘merdu’ yang berasal dari speaker putih dipojok atas kelas,entah mengapa,tiba-tiba kami merasa ‘terserang cikungunya’… :-S
Badan menjadi lemas,kaki tidak bisa digerakkan,otak berhenti berfikir,dan ‘mendol’ makanan kesukaan kami pun tertelan bulat-bulat di kerongkongan karna kaget ! (hahaha,lebai) B-)

Tapi itulah yang kami rasakan,mau tidak mau kami harus siap menampung (lagi) materi-materi ke memori otak kami,yang sebenarnya telah penuh akan kalimat verbal,rumus trigonometri,hukum newton,teori evolusi,dan lain-lain.
Kami dituntut untuk memperhatikan setiap kata yang terlontar dari sang guru,padahal,sepandai-pandainya anak dari kami,pasti akan merasa ngantuk ketika melihat jam menunjukkan pukul 14.00 .

‘CAPEK’,selalu terlontar dari mulut kami ketika bapak/ibu guru meminta kami mengerjakan soal(lagi).
Dengan segala kerendahan hati,kami ‘harus’ mengerjakannya,walaupun kami masih ‘terserang cikungunya’. (hehe :-P)

‘ah,kenapa sih ada fullday segala,gag bikin pinter,malah nambah capek!!’,kata temanku.
Mungkin,bukan dia saja yang merasakan itu,aku,teman-temanku,dan mungkin guru-guruku pun akan meng-amin-i omongan teman ku itu.

Bayangkan saja,setiap hari kami harus berangkat maksimal 30 menit dari bel masuk,untuk menghindari padatnya jalan raya,belum lagi ditambah ‘JAM KE-0’ yang digadang-gadang guru kami.

06.00 : masuk jam ke-0
07.00 : bel masuk
10.20-10.40 : istirahat = kurang
13.20 : ishoma
14.00 : jam ke-10
16.20 : akhir jam ke-13 sekaligus pulaaaaaang

Belum lagi,kalau kami ada jadwal les yang lagi-lagi mengharuskan kami pulang malam (krik-krik) :@

Memang menjadi jadwal yang terlalu ketat untuk kami,sampai-sampai tanpa diet pun,tubuh kami yang berisi,menjadi langsing bak LIDI (fiu..fiuuuuu..;-))

Berkali-kali protes dilontarkan,namun tetap saja,pengurus kurikulum,tetap melaksanakan kebijakan yang ‘mencekik’ leher kami itu (hadah).
Tapi kami tak bisa berbuat apa-apa,selain memendam,dan sesekali membentak speaker malang itu,walaupun kami tahu dia tak pernah bisa mendengar jerit kami 😥
Terlebih,ketika speaker cerewet itu bersuara seperti ini,
‘ting..ting..tung..ting..jam ke-13 akan segera dimulai,it’s time to begin the thirteen lessons’. :@
(silahkan bayangkan sendiri,bagaimana bentuk kami,raut wajah kami,dan pakaian kami waktu itu)

Hanya omongan-omongan yang tak penting waktu itu yang keluar dari mulut kami,walaupun capek,setidaknya kami masih mempunyai sedikit tenaga untuk bercanda.

Tidur,ngobrol,main games,buka fb,twitter,ngemil,ngelamun adalah kegiatan yang paling mengasyikkan bagi kami,selain berpura-pura memperhatikan guru yang dengan semangat 45 mendidik muridnya yang bak tentara kalah berperang. :$

Namun,setidaknya ada 1,2 hal yang membuat kami terkesan dengan fullday kami.
1.Kami(ASIX) membawa bekal sendiri dari rumah,walaupun sering diejek ‘anak TK’ oleh kelas lain,tapi kami PD aja tuh..malah setiap hari ada-ada saja menu makan siang kami,bertukar lauk,icip-icipan,kompakan bikin menu,yayayaya…itu yang aku suka,kelas lain menjadi iri,dan akhirnya mereka pun ikut-ikutan. 😛
2.Kalau ditanya,kelas mana yang paling banyak bawa jama’ah waktu dhuha dan dhuhur,jawabannyaaaaa……..ASIX !! malah,kalau ada yang ketinggalan,sesampainya di kelas pasti kami bakal disemprot ! 😀
3.Bolos.kalau ada yang tanya kelas yang paling rajin tanda tangan absensi,dan paling kompak dalam rangka membolos (walaupun harus kejar-kejaran dengan pak satpam) itu adalah kami = ASIX :$
4.Nungguin hujan,yaaaa…daripada cuma dipake buat duduk di depan kelas,dingin,mending juga main POKER (mantaaaab)
5.Dan baaaaaaanyak lagi yang membuat kami lebih dekat satu sama lain.

Tapi semua hal di atas sudah berakhir,
24 Februari 2010,kami mendenger ‘si cerewet’ itu berceloteh ‘jam ke-10 akan segera dimulai’,’jam ke-13 akan segera dimulai’.
Itulah hari terakhir kami fullday,
Hari terakhir kami membawa bekal dari rumah,
Hari terakhir kami membuat jengkel guru,
Hari terakhir kami menikmati senja sore di kelas bersama ASIX.

3 tahun kami merasakan apa yang namanya fullday yang benar-benar full,
Fullday pertama yang berjalan di sekolah.
3 tahun langit senja itu memayungi kami,walaupun mendung,terang,ataupun redup.
3 tahun,kami berusaha menahan rasa capai kami yang luar biasa,menahan rasa ngantuk yang WAW !
3 tahun kami di didik di sore hari,oleh guru-guru kami,dengan semangat G-30-S/PKI mereka mengajar kami para tentara yang tertembak di dada.
Dan 3 tahun itu pula mereka bersabar menunggu kami,untuk melihat kami,menjadi apa nanti,ABU atau PERMATA .

3 tahun,waktu yang cukup untuk kami menikmati kebersamaan di langit senja SMAZA .

24 FEBRUARI 2010,
Terimakasih Bapak,
Terimakasih Ibu,
Terimakasih ASIX,
Terimakasih SMAZA.

Kalian telah membuat langit senjaku lebih berwarna .
🙂 ● ASIX ● :-*

WE ARE ONE

Dedicated For My Beloved Friends and Fam’s ASIX

Two Very Different
People
Too Scared To Get Along
Till Two Hearts Beat
Together
Underneath One Sun
One Very Special
Moment
Can Turn A Destiny
And What Some Would
Say
Could Never Change
Has Changed For You And
Me
’cause It’s All It’s All In
The Way You
Look Through Your Eyes
And When All Is Said And
Done
All Of The Fear And All Of
The Lies Are
Not Hard To Overcome
It’s All In The Way You
Look At It
That Makes You Strong
We Were Two We Were
Two
Now We Are One
We Are Two Very
Different People
So Much To Overcome
So Why Care For One
Another
When There’s So Much
To Be Done
Cause Sometimes It S
Necessary
Just Look How Far We Ve
Come
You Could Say My Friend
That
It S The End
Or A New Tale Has Begun
’cause It’s All It’s All In
The Way You
Look Through Your Eyes
And When All Is Said And
Done
All Of The Fear And All Of
The Lies Are
Not Hard To Overcome
It’s All In The Way You
Look At It
That Makes You Strong
We Were Two We Were
Two
Now We Are One
One Moment In Time
Is All The Time We Need
Just To Make A
Difference
To Make It Better For
You And For Me
It You Just Believe
Oh Yeah
Just Open Your Eyes
’cause It’s All It’s All In
The Way You
Look Through Your Eyes
And When All Is Said And
Done
All Of The Fear And All Of
The Lies Are
Not Hard To Overcome
It’s All In The Way You
Look At It
That Makes You Strong
We Were Two We Were
Two
Now We Are One
Oh Yeah Oh Yeah
We Were Two
Now We Are One

Title : We Are One
Artist : Westlife

Perbedaan Bukan Berarti Perpecahan

Mungkin gw belum pernah cerita apa itu ASIX dan siapa mereka.
Tapi gw rasa ini momen langka,momen dimana kita menuju dewasa yang penting buat kita.

ASIX,nama yang gw bikin sama anak-anak buat kelas gw.
‘A6=A.SIX’ itu nama kita,kita teman,sahabat,dan keluarga.
Kita adalah satu,dan mungkin jadi satu-satunya kelas paling kompak saat ini.

Hari ini Senin,15 Agustus 2010.
Sehari habis valentine day,bukan berarti warna merah merona ada di pipi kita.
Tapi….

Waktu itu pukul 07.45,sesaat habis upacara,room call ngumumin kalo semua ketua kelas XII harus kumpul.

‘Pasti ngomongin FN (Final Night=pesta perpisahan)’,kata gw.
Pada awalnya gw kira cuma pemberitahuan biasa.
Tapi ternyata,ini awal ‘malapetaka’.
Konsep FN yang mengusung PROM NIGHT,yang notabene baru pertama kali bakal digelar dan udah disepakatin,tiba-tiba…..’BATAL’.

Awalnya gw pikir,’ah,paling cuma nakut-nakutin doang’,tapi itu nyata!!

Waktu bel istirahat bunyi,2 anak inti OSIS plus 1 guru tiba-tiba masuk ke kelas kita.
‘sekarang voting,bla…bla…bla…’.
Voting??apalagi sih??orang uda deal juga pake PROM.
Tapi ternyata enggag !!!
Voting dimulai,walaupun kita(yang merasa udah yakin sama konsep PROM) masi terbengong-bengong dengan tujuan tu voting apa?
Tapi tanpa diduga sebagian besar anak-anak memilih FN biasa (konsep monoton selama ini,yang cuma jadiin kelas 3 kayak kambing congek,duduk,nonton,dengerin lagu,selesai,tanpa ada kesan).
Gag tau apa yang dipikiran anak-anak,mereka yang awalnya semangat buat PROM,seketika itu juga berubah haluan.
Gw paham,ada beberapa faktor yang buat mereka kayak gitu *gag perlu gw sebutin karna cuma buat SAKIT HATI!!*

Sakit hati??emang kenapa?? *kalo yang ini bakal gw critain*.
1.Karna konsep awal acara emang dari kelas gw,yang pengen FN tahun ini BEDA !
2.Gw termasuk anak yang hyper-antusias ma FN tahun ini.
Gw sama beberapa temen gw,relain waktu,tenaga,dan pikiran kita,cuma buat mikir APA,dan GIMANA konsep+kostum PROM pertama kita.
Kita rela-relain deh gag les,kita rela adu mulut ma mbak-mbak pegawai toko kainnya,sampe udah pesen kain ke SBY,kita rela pinjem majalah sana-sini buat kasih gambaran apa n gimana prom itu ke temen-temen,dan lain-lain.
3.Gw kecewa,karna gw kira awalnya anak-anak udah paham PROM tu gimana,tapi ternyata!!!!

Semua yang kita usahain selama ini mentah !!
NOL !!
Negatif !!
Produk gagal !!
Ato apalah,yang bikin gw jengkel stadium akhir emang.
Yang bikin temen gw balikin semua uang yang udah disetor anak-anak buat beli kain.
Gw paham gimana perasaan temen gw itu,karna gw juga ngrasain pastinya.
Sampai akhirnya…

Ya,sampai akhirnya ada anak yang tiba-tiba ngomong ke gw,kalo apa yang gw lakuin ma temen gw itu salah !!
Gw kasih dia argumen,dan dia juga kasih gw argumen.
Dan,gw emang salah,gw ma temen gw terlalu emosi.
Dan gw pikir-pikir bukan gw,temen gw,atau temen-temen gw yang jadi korban…tapi persahabatan kita,di ujung tanduk,dan gw gag tahu harus gimana.
Gw marah,walaupun gw masih bisa tahan emosi.
Tapi gag dengan temen gw,
Suaranya serak,sesekali bicaranya terhenti,gw gag mau lihat dia yang persis berdiri di samping gw,karna gw tau kalau dia nangis.
Suasana jadi emosional,
Semua berargumen,walaupun dalam batas wajar.
Dan gw paling GAG SUKA ini !!
Satu per satu temen gw ngomong sambil nangis,termasuk gw.
Sekejap gw berpikir,kalo semua bakal hancur,kita bakal hancur di saat kita butuh kekompakan.
Gw gag inget UAN kapan saat itu,yang gw inget cuma satu,yaitu…
Kapan terakhir kali gw nangis di kelas.

Tapi untungnya kita udah dewasa,bukan otot yang main,tapi otak yang kerja.

2 jam kita ngobrol di kelas,dengan pintu tertutup,bahkan guru pun gag berani masuk (karna udah ada jubir kita di pintu yang siap jelasin kejadian di dalam),semua bicara,keluarin apa yang mereka rasa,apa yang mereka pendam,sekarang kita tau semua.

Kepala dingin,sabar,menghormati pendapat orang lain,dan akhirnya tangisanku tadi kini berubah dengan tawa.

Yup,100 buat kalian.
IT’S CLEAR !! IT’S OVER !!
Semua lega,semua tahu mana yang salah dan harus dibenahi,semuanya tertawa,dan hingga bel pulang berbunyi,wajah mereka terangkat,bukan tertunduk kaya apa yang gw takutin tadi.
SEMUA SELESAI TANPA AMARAH,SEMUA SELESAI DENGAN SENYUMAN.

ASIX…aku bangga sama kalian,kalian memiliki empati dan simpati yang tak terhitung.
ASIX…aku bersyukur berteman dengan kalian,karna kalian mampu mengajarkanku kedewasaan,mengajarkanku berfikir dingin,berfikir dengan otak dan bukan otot.
ASIX…aku sayang kalian,karna ketika ada teman kita yang menangis,kalian mengusapnya dengan kasih sayang,dan memeluknya dengan persahabatan.
ASIX…AKU CINTA KALIAN,karna kalian memberiku kebahagiaan,kemenangan,dan kekeluargaan yang tak bisa dinilai dengan apapun.

Jadikan ini pedoman sayang,bukan halangan.
Jadikan ini tangga kita untuk naik,dan bukan turun.
Jadikan ini jembatan untuk melewati semua dan bukan untuk menghindar.

Ini bukan perpecahan,tapi ini adalah jalan untuk proses kita,proses untuk menjadi lebih baik dan lebih dewasa.

AKU SAYANG KALIAN !!
I LOVE ASIX !!
I LOVE POPPI-PIPPO !!

How can occured ASIX family??? (part I)

Maybe sebagian besar dari kita udah saling kenal satu sama lain sejak SMP.
Yaaaaa namanya juga ZAPO(SMP 1 Ponorogo),buat anak yang masih bisa dibilang ‘anak mami’,SMAZA(SMA 1 Ponorogo) bisa dibilang the one and only place buat habisin masa muda kita *haddah*,selain SMA lain pastinya *hehehe*.

Ehmmmmm,sebenernya bosen sih dari es-em-pe temennya itu-ituuuuu mulu *peace ^^v*,tapi it’s okelah,gag perlu capek-capek adaptasi kan??
lagian gag melulu dari ZAPO kok,ada juga dari SMP 2,SMP 6,SMP Terpadu,SMP Jetis,dan lain-lain,walopun perbandingannya 4:1.

Tapi gimanapun juga,gw mesti bersyukur sekolah disini,banyak kok temen2 gw yang gag seberuntung gw,yang gag bisa dididik ma guru-guru TOP,pluuuss…yang gag bisa liat kakak kelas yang cakep-cakep *ini intinya,haha*

Oke lanjut,
Tapiii,mungkin sebagian uda ada yang kenal sih waktu kelas satu,saking seringnya ngegosip niih *weiks*,tapi buat yg belum kenal babarblas???
OKE,IT’S SHOW TIME!!!
Jreng…jreeeeeeeng…

Selasa,15 JULI 2008.
Waktu itu gw masih nge-MOS-in anak kelas X baru.
Sesuai janji dewan guru,hari itu bakal diumumin penempatan kelas,buat kita anak kelas XI(baru).
Daaaaaaan…
Ya Allah Tuhanku,bisa dibilang berkah,bisa juga musibah.
‘Alhamdulillah apa Innalillah ya??’,
ini kata pertama gw waktu liat nama gw di sana >
XI.A6 13456 17 YUNANDIA RAHMAWATI .

Tau gag kenapa gw kaget ??
Demi apapun,pasti bukan cuma gw,anak-anak yg kemampuannya pas-pas-an kaya gw pun,kalo ‘duduk’ di kelas kaya gitu,emang MAU JADI APA???

Oke gw jelasin…
Di kelas itu ada banyak banget anak yg SUPER PINTER,PINTER,dan ‘PINTER’.
Ada yg SUPER SIBUK,SIBUK dan ‘SIBUK’.
Ada yg SUPER RAME ada yg SUPER ANTENG *nahloh*.
Bayangin aja,di sana ada :
1.MERLY F.B. si jenius sejak SMP,gw udah pernah sekelas ma dia waktu SMP,otak encer,serba bisa,TOP lah pokoknya *hehe,ampun me*
2.LUCKY ARYA,gw uda kenal ni anak dari SD,selalu ketemu waktu olimpiade,dan dia juga selalu juara 1 !!
3.HYDDA AKBAR,saingan gw waktu kelas X nih,sampe mampus gw gag bakal bisa geser dia dari JUARA 1 deh kayaknya.
4.ARIEF BUDI,master of fisika,dan…hampir mirip lah ma hydda.
5.HAFIEDZA,oke,kalo hydda,arief,ma hafiedza digabungin,gw yakin Einstein LEWAT ! *beneran nih*
6.PUJI,master of chemistry
7.SISKA,sibun-da gw nih,pinter biologi walo agag LoLa.
8.ZAYYIN,ni dia temen sebangku gw,cantik,kalem,kata anak-anak cowok sih istri idaman *hehe,gw istri apaan dong?*,oh ya…buat seterusnya gw ma dia bakal sering absen di kelas,karena DISPEN !! ^^
9.NUGROHO,samalah ma zayyin *tapi dia bukan istri idaman lho*.
10.NEAR A,VICKY V,RIDHO U,hah…mereka mah sama juga ma gw,bakal nemenin gw,zayyin ma inug,buat??? DISPEN !!!
Dan masi banyak yang lain,gag bakal selesai sih kalo diceritain.

Itu yang bikin gw pikir-pikir ulang,soalnya kita bakal sekelas selama 2 tahun.
Intinya gini deh,dengan teman sekelas kayak gitu,emang bisa gitu gw ambil PMDK??? *huaaaaa T.T*

In short,
Jujur…gw pengen pindah kelas pada awalnya.
Tapiiiiii,gag tau kenapa gw tiba-tiba jadi semangat,
Maybe…
Gw semangat punya temen kaya mereka,semangat buat habisin waktu ma anak-anak istimewa,semangat berjuang buat PMDK,dan semangat bertarung sama mereka ^^

Tapi yang jelas,gw bakal nyesel seumur hidup gw,sedunia akhirat lah pokoknya,kalo gw jadi pindah,dan gag bisa mengenal mereka.
Mengenal para penyemangatku.
Mengenal para sainganku.
Mengenal para sahabatku.
Dan mengenal keluargaku.

Why???

Just follow my next articles beib ^^

ASIX-17

LES

mungkin hampir sebulan .
gw kaya manusia purba gitu , NOMADEN …
gag punya rumah .
ah,paling di rumah cuma numpang makan ma tidur .
lainnya ???
di sekolah , di tempat les , daaaann di rumah temen (buat ganti baju doang) .
hemmmm…tapi tak apalah , namanya kelas 3 musti banyak pengorbanan kan ??
fisik,psikis,tenaga,duit,kertas,pulpen,apalagi dah ???
pokoknya gitu deh . tapi nikmatin aja lah , tinggal berapa hari lagi pake seragam putih-abu2 (hiks)??tinggal berapa hari ketemu ma ‘keluargaku’ (sumpah demi apapun!!ini yg paling gag bisa aku tinggalin) .
tapi teteplah , harus dijalanin .
HARUS !!
DEMI MASA DEPAN !!
BE THE BEST TO BE THE FABULOUS !!